Analisa Perbandingan Software pemodelan 3D

Pada post kali ini penulis akan membahas kemampuan dari 3 software permodelan grafik dalam pembuatan suatu objek atau model tertentu. Objek yang akan digunakan sebagai bahan perbandingan adalah Minion, dengan menggunakan software autodesk semacam Blender, 3Ds Max dan Maya.
Yang dibandingkan adalah bagaiamana jika membuat model atau objek minion pada ketiga software tersebut, pertama jika kita menggunakan Blender, blender yang dikhususkan pada desain 3d ini bisa dibilangkan tidak memiliki masalah jika digunakan untuk membuat objek tersebut, fitur animasi editor non-linear dan editor lainnya memudahkan dalam proses pembuatan, belum lagi daya tarik dari blender itu sendiri yang gratis, open source, multi platform dan juga diperkaya dengan fitur fitur yang cukup mumpuni. Namun, berdasarkan pengalaman penulis, mungkin software ini kurang maksimal jika ingin digunakan untuk objek yang bergerak, gerakannya bisa sedikit tidak smooth dan akan sedikit sulit bagi pemula karna UI yang disediakan, walau tidak terlalu sulit tapi butuh waktu untuk adaptasi dengan UI Blender.
Selanjutnya jika mengggunakan 3DsMax atau 3DMax, software yang notabenennya digunakan dalam pembuatan model bergerak ini memang memiliki tempat tersendiri diantara software lainnya, fiturnya yang rich dan user friendly UI juga menjadi keunggulan dari software ini, sedangkan dalam pembuatan objek minion walaupun penulis belum pernah “main” dengan software ini tetapi dapat dipastikan tidak ada masalah, apalagi bentuk minion sendiri 3D dan merupakan objek visual bergerak yang tentu saja 3Dmax bisa handle.
Selanjutnya dengan software Maya, berdasarkan video berikut hope.ly/1FMrLQH , dapat disimpulkan secara kasar kalau software ini masih mungkin untuk digunakan dalam pembuatan objek hanya saja sedikit kasar dibandingkan dengan blender, sebenarnya maya sendiri sangat apik digunakan untuk permodelan semacam ini karna software ini sering digunakan dalam dunia perfilman animasi disebabkan keunggulan dari software maya adalah workflownya yang berskala besar dimana seluruh proses baik proses modeling, animasi,, lightning, texture dilakukan secara independen dan bisa digabung belakangan dan juga software ini lebih fleksebiel.
Kesimpulannya masing masing masing memiliki keunggulan tersendiri, tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk untuk melakukan permodelan Minion, semua bergantung pada “selera” dan kesesuaian user sendiri, jika untuk pemula disarankan untuk menggunakan blender dan atau 3Dmax tapi jika ingin atau sudah pro bisa mencoba maya.
Source :
Cafepojok.forumsline.com/t509-perbedaan-maya-dan-3d-max
Tugasuniversitasgunadarma.wordpress.com/2013/11/26/review-3ds-max-vs-blender/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s